Jumat, 21 Desember 2018

6 Cara Mudah Belajar Photography Dan Video Dengan Cepat Tanpa Ribet

Pada acara tertentu, anda mungkin saja harus menggunakan kamera atau camcorder digital untuk keperluan merekam acara tersebut. Jika tidak terbiasa menggunakannya, sangat mungkin hasil rekaman yang anda buat tidak bagus. Hal ini tentu tidak baik, terlebih moment berharga tidak bisa diulang kembali. Sebenarnya, untuk dapat merekam dengan baik, anda tidak perlu harus menguasai banyak teknik photography dan video https://fastwork.id/photography-video atau harus jadi sutradara dulu. Cukup ketahui beberapa teknik dasar ini, anda sudah bisa menghasilkan rekaman video yang bagus dan nyaman untuk ditonton.


1. Hindari Menggunakan Zoom
Pada banyak kamera yang ada sekarang, hampir semuanya sudah dilengkapi dengan kemampuan zoom yang berfungsi untuk menjadikan tangkapan objek pada layar terlihat dekat meski sebenarnya jauh. Banyak orang yang sering tidak menyadari bahwa terlalu sering menggunakan fitur zoom  justru dapat mengurangi kualitas gambar atau video. Meski tampak dekat di layar, namun dari segi kejelasan objek sangatlah kurang. Semakin besar zoom in, biasanya akan semakin tidak jelas objek yang dituju.

2. Atur Jarak
Pada saat mengambil objek photography dan video, ada salah satu peraturan yang harus dipatuhi agar objek tidak merasa terganggu yaitu dengan menjaga jarak. Biasanya, hal ini dilakukan pada jenis kegiatan fotografi atau shooting video yang alami atau bukan rekayasa, sebagai contoh tema foto berupa aktifitas sehari-hari. Jarak yang terlalu dekat atau jauh, juga membuat hasil rekaman atau tangkapan foto jadi tidak jelas. Untuk itu, penting menjaga jarak yang pas antara kamera dengan objek.

3. Ambil Dari Berbagai Sisi
Agar hasil rekaman mencakup banyak hal, baik dari pengambilan tempat, objek, pengambilan sudut gambar dan lainnya, luaskan persepektif. Cobalah untuk membidik dari berbagai sisi, dari depan, samping, belakang hingga atas. Ini akan membantu anda dalam menemukan angle terbaik.

4. Pastikan Pencahayaan Cukup
Berapa banyak rekaman video yang sebenarnya bagus dan menyimpan momen berharga, namun menjadi jelek karena kualitas pencahayaan yang kurang. Bayangkan saja jika rekaman saat berkumpul keluarga dan saling tertawa bahagia, jadi tidak bisa terlihat jelas sebab saat merekam, sedang minim cahaya. Tentu kesal bukan? Agar hal ini tidak terjadi, pastikan untuk memiliki pencahayaan yang cukup saat sedang melakukan pengambilan gambar photography dan video.

5. Pastikan Kamera Stabil
Sebagian besar orang, cenderung akan bergetar tangannya ketika lama memegang suatu benda, terlebih jika benda tersebut memiliki berat yang lumayan. Hal ini pula yang sering terjadi ketika memegang kamera. Untuk menjaga agar kamera tetap stabil dan tidak bergerak, dapat menggunakan tripod. Cara lainnya untuk mengatasi masalah kamera yang tidak stabil adalah dengan menggunakan tumpuan untuk tangan, bisa pada dinding, kursi, meja atau benda lain yang dapat dijadikan penahan layaknya tripod.

6. Pemilihan Shot Objek
Cara anda men-shoot serta pemilihan objek foto yang di shooting juga sangat berpengaruh besar terhadap hasil rekaman video. Beberapa orang berpendapat untuk men-shoot benda yang bergerak untuk menjadikan rekaman terasa hidup. Sebagai contoh, pada sebuah rekaman video berupa acara kumpul keluarga misalnya, anda bisa men-shoot senyuman atau tawa lepas dari salah satu kerabat, perbincangan antara dua orang, anak-anak yang berlarian kesana-kemari dan lainnya. Gunakan nalar dan insting anda untuk jeli melihat objek menarik yang ada di sekitar.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.